UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE GUGUS EMPAT KECAMATAN SEYEGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kinerja pembelajaran pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pembimbing, tugas tambahan dan evaluasi hasil belajar di SD N se gugus IV Kecamatan Seyegan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran, guru meningkatkan kinerjanya dengan pembuatan silabus, membuat RPP menyiapkan metode mengajar yang tepat, menetapkan bahan ajar atau buku pegangan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, upaya guru dalam meningkatkan kinerja dengan pemberian materi yang berbobot , memastikan murid sudah benar-benar menguasai materi pembelajaran, pengadaan variasi mentode pengajaran dan pemanfaatan media ajar. Untuk aspek membimbing dilakukan pendekatan personal kepada masing-masing siswa, dan pemberian motivasi. Tugas tambahan berupa PR dan pengerjaan tugas kelompok dan individu menjadi acuan penting dari guru untuk meningkatkan kinerja pembelajaran sedangkan pada evaluasi hasil belajar, untuk jangka pendek dilakukan evaluasi formatif dan untuk jangka panjang dilakukan evaluasi submatif.
Kata kunci : guru, kinerja, sekolah dasar
Abstract
This research was aimed to know teacher’s efforts to improve their achievement in State Elementary School Group IV of Seyegan District. Teacher efforts were to improve learning enforcement, guidance enforcement, additional task, learning evaluation. This was a descriptive analysis research. Data was collected through an interview and documentation method. The result showed that in planning phase, teachers improved their achievement by syllabus, RPP, suitable learning method, determined teaching materials and manuals. In its learning enforcement, teachers to improve their achievement by delivering quality material, ensure that the students really master the materials, varied methods and teaching media uses. For a guiding aspect, it was conducted a personal approach to each student. An additional task was homework, group and individual tasks were important references to improve learning performance. While in a short-term learning evaluation, it was conducted a formative evaluation and a long-term evaluation was by a summative evaluation and the result was formulated in a report form.
Keywords: Teacher, Performance, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.