PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE GUGUS 1 KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO

A G U S T I N I A G U S T I N I,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory), sebagai pendukung (supporting), sebagai pengontrol (controlling) dan sebagai penghubung (mediator) dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Dasar (SD) se Gugus 1 Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah Komite Sekolah dan Kepala Sekolah di SD se Gugus 1 Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena meneliti semua subjek yang ada di SD se Gugus 1 Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Sebagian besar Komite Sekolah berperan tinggi sebagai pemberi pertimbangan dalam pengelolaan dana BOS yang ditunjukkan sebanyak 56,31%. (2) Sebagian besar Komite Sekolah berperan sangat tinggi sebagai pendukung dalam pengelolaan dana BOS yang ditunjukkan sebanyak 79,42%. (3) Sebagian besar Komite Sekolah berperan tinggi sebagai pengontrol dalam pengelolaan dana BOS yang ditunjukkan sebanyak 58,64%. (4) Sebagian besar Komite Sekolah berperan tinggi sebagai penghubung dalam pengelolaan dana BOS yang ditunjukkan sebanyak 80,11% di SD Negeri se Gugus 1 Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.
Kata kunci: komite sekolah, pengelolaan dana sekolah, dana BOS.
Abstract
This study aimed to determine the role of the School Board as a conduit of consideration (advisory), as support (supporting), the controller (controlling) and liaison (mediator) in fund management School Operational Assistance (BOS) at Public Elementary School Gugus 1 Kalikajar Wonosobo District.
This study uses a quantitative approach to the subject of his research is the School Board and a Principal at Public Elementary School Gugus 1 Kalikajar Wonosobo District. This research examines the population because all subjects in cluster at Public Elementary School Gugus 1 Kalikajar Wonosobo District. Data collection in this study using questionnaires and documentary study. The data analysis technique used is descriptive quantitative percentage.
The results showed the following. (1) Most of the high school Board act as a conduit of consideration in the management of BOS funds are shown as 56.31%. (2) The majority of the School Board were highly involved as a supporter in the management of BOS funds are shown as 79.42%. (3 ) Most of the high school Board acts as a controller in the management of BOS funds are shown as 58.64%. (4) Most of the high school Board acts as a liaison in the management of BOS funds are shown as 80.11% at Public Elementary School Gugus 1 Kalikajar Wonosobo District.
Keywords: school Board, the management of school funds, BOS funds.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.