MANAGEMENT OF E-LEARNING BE-SMART IN UNIT PELAYANAN TEKNIS PUSAT KOMUNIKASI (UPT PUSKOM) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mafkhan Baihaki,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan e-learning Besmart
di UPT Puskom UNY, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Software e-learning di UPT Puskom UNY
menggunakan LMS Moodle. Software tersebut dirubah dengan menambah menu atau
fitur standar dari LMS Moodle. Hardware di UPT Puskom UNY telah menggunakan
komputer dengan spesifikasi yang baik. Akses wifi sudah tersedia di 76 titik dengan area
mencapai 90% wilayah kampus. Brainware di UPT Puskom UNY berasal dari personel
UNY, perekrutan dilakukan dengan menyeleksi pegawai melalui dua tahap yaitu tes
tertulis tentang pekerjaaan, dan tes non tertulis tentang kemampuan teknis. (2)
Hambatan dari sisi software yaitu kapasitas server terbatas, sedangkan data yang
ditangani besar. Hambatan hardware yaitu kerusakan beberapa komputer pegawai.
Hambatan brainware yaitu adanya pegawai yang keluar dari UPT Puskom karena
melakukan studi. (3) Solusi yang diberikan untuk masalah software yaitu dengan
menambah kapasitas server. Solusi untuk hardware yaitu dengan adanya Technical
Support yang menangani masalah tersebut. Solusi untuk brainware yaitu mengganti
personil dari dosen UNY yang mempunyai kualifikasi di bidang IT.
Kata kunci: pengelolaan, e-learning
Abstract
This research aims to describe the management of Be-smart e-learning in UPT
Puskom UNY, using descriptive qualitative research methods. Techniques of data
collection using interviews, observation, and documentation. The results showed that:
(1) E-learning software in UPT Puskom UNY use LMS Moodle. Those software is changed
by adding the menu or the standard features of the LMS Moodle. The Hardware in UPT
Puskom UNY has used a computer with good specifications. The wifi access was
available in 76 points to reach 90% of the area of the campus. The brainware in UPT
Puskom UNY comes from UNY’s personnel, The recruitment done by selecting
employees through two stages of employment written test and unwritten test about the
non-technical skills. (2) The resistance of the software is limited server capacity, while it
handled big data. The resistance of the hardware is damaged employee’s computer.
The resistance of the brainware that the employee is out of UPT Puskom for doing the
study. (3) The solution given to the problem of software is to increase the capacity of the
server. The solution for hardware is the presence of Technical Support which will
handling those issues. The solution for brainware is change the personnel from qualified
UNY lecturers in IT.
Keyword: management, e-learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.