EVALUASI PROGRAM ANGKRINGAN BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui: (1)analisis pengadaan program, (2)Ketersediaan fasilitas
pendukung, (3) hambatan dalam program, (4)Ketercapaian tujuan program. Penelitian bersifat evaluatif
dengan pendekatan kualitatif. Subyek yaitu ketua perpustakaan, pustakawan, peserta didik MAN 1
Yogyakarta. Penelitian model evaluasi CIPP (Context, Input, Procces dan Product) membahas setiap
komponen pada program. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji
keabsahan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis dengan model interaksi Miles dan Huberman.
Hasil evaluasi program yaitu, (1)Konteks mengenai analisis pengadaan program, tujuan program dan
pedoman pelaksana, (2)Masukan mengenai ketersediaan koleksi buku beragam jenis dan lengkap,
membantu siswa mengerjakan tugas, dan ketersediaan fasilitas yang ada sudah mendukung seperti kursi
dan meja baca, grobak angkringan, tempat sampah dan papan informasi. Untuk fasilitas diperlukan
pengadaan lagi karena mengalami kerusakan, (3)Pelaksanaan program sesuai prosedur, pelaksanaan
program ada hambatan tenaga pengelola, fasilitas, ketersedian buku, (4) Komponen produk, keberhasilan
mencapai tujuan ditetapkan dan memberikan manfaat. Terdapat judgement program perlu perbaiki.
pendukung, (3) hambatan dalam program, (4)Ketercapaian tujuan program. Penelitian bersifat evaluatif
dengan pendekatan kualitatif. Subyek yaitu ketua perpustakaan, pustakawan, peserta didik MAN 1
Yogyakarta. Penelitian model evaluasi CIPP (Context, Input, Procces dan Product) membahas setiap
komponen pada program. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji
keabsahan dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis dengan model interaksi Miles dan Huberman.
Hasil evaluasi program yaitu, (1)Konteks mengenai analisis pengadaan program, tujuan program dan
pedoman pelaksana, (2)Masukan mengenai ketersediaan koleksi buku beragam jenis dan lengkap,
membantu siswa mengerjakan tugas, dan ketersediaan fasilitas yang ada sudah mendukung seperti kursi
dan meja baca, grobak angkringan, tempat sampah dan papan informasi. Untuk fasilitas diperlukan
pengadaan lagi karena mengalami kerusakan, (3)Pelaksanaan program sesuai prosedur, pelaksanaan
program ada hambatan tenaga pengelola, fasilitas, ketersedian buku, (4) Komponen produk, keberhasilan
mencapai tujuan ditetapkan dan memberikan manfaat. Terdapat judgement program perlu perbaiki.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.