MANAJEMEN KURIKULUM DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Thofek Dian Setyawanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di SMP Muhammadiyah
Boarding School (MBS) Sleman Yogyakrta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum
umum, dan kurikulum agama, guru mata pelajaran umum, dan mata pelajaran agama. Lokasi penelitian di
SMP MBS Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
Perencanaan kurikulum melakukan perumusan program kurikulum dengan sistem pendidikan yang
terintegrasi antara KTSP dengan kurikulum agama, dengan model kurikulum terpadu. (2)
Pengorganisasian kurikulum, pengelolaan kurikulum di SMP MBS Yognyakarta dibagi menjadi dua yaitu
kurikulum umum dan bagian kurikulum agama, (3) implementasi dibagi menjadi dua yaitu pelaksanaan
kurikulum tingkat sekolah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas (4) Evaluasi kurikulum meliputi
evaluasi terhadap guru, evaluasi pembelajaran, dan administrasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.