PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Khorisma Kartika Dhewi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi peserta didik terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam kategori tinggi. Berikut penjelasannya: (1) bukti fisik kategori tinggi, skor tertinggi diraih pernyataan tenaga administrasi sekolah memakai seragam sesuai jadwal, (2) keandalan kategori tinggi, skor tertinggi diraih pernyataan tenaga administrasi sekolah memberikan pelayanan sesuai prosedur, (3) ketanggapan kategori tinggi, skor tertinggi diraih pernyataan tenaga administrasi sekolah dapat berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, (4) jaminan dan kepastian  kategori tinggi, skor tertinggi diraih pernyataan tenaga administrasi sekolah teliti dan tekun dalam bekerja, serta (5) empati kategori tinggi, skor tertinggi diraih pernyataan tenaga administrasi sekolah menunjukkan sikap membantu dalam menangani kebutuhan/keluhan peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.