MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN LULUSAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pemasaran lulusan dan penelusuran lulusan di
SMK N 2 Yogyakarta beserta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan masing-masing. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi Ketua BKK (Bursa Kerja
Khusus), Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, dan Sekretaris BKK. Pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis datanya
dengan teknik analisis data kualitatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran
lulusan di SMK N 2 Yogyakarta dijalankan oleh BKK, pemasaran dilakukan pada Bulan Maret dengan melakukan
promosi, pameran, dan kunjungan industri. Semua siswa kelas 12 dipasarkan ke perusahaan yang relevan dengan
jurusan mereka. Faktor pendukung pemasaran yakni: kualitas lulusan bagus, tanpa biaya, dan pelayanannya prima.
Faktor penghambatnya yakni: kualitas pengurus kurang, promosi jarang, dan dana kecil. Penelusuran lulusan
dilakukan pada 3 sampai 6 bulan setelah kelulusan dengan menyebarkan aplikasi ke telepon genggam lulusan untuk
menanyakan keberadaan mereka. Faktor pendukung penelusuran yaitu: ada pengurus, fasilitas dan dana. Faktor
penghambatnya yaitu: ada lulusan yang susah ditelusuri dan metode kurang efektif.
SMK N 2 Yogyakarta beserta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan masing-masing. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi Ketua BKK (Bursa Kerja
Khusus), Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, dan Sekretaris BKK. Pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis datanya
dengan teknik analisis data kualitatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran
lulusan di SMK N 2 Yogyakarta dijalankan oleh BKK, pemasaran dilakukan pada Bulan Maret dengan melakukan
promosi, pameran, dan kunjungan industri. Semua siswa kelas 12 dipasarkan ke perusahaan yang relevan dengan
jurusan mereka. Faktor pendukung pemasaran yakni: kualitas lulusan bagus, tanpa biaya, dan pelayanannya prima.
Faktor penghambatnya yakni: kualitas pengurus kurang, promosi jarang, dan dana kecil. Penelusuran lulusan
dilakukan pada 3 sampai 6 bulan setelah kelulusan dengan menyebarkan aplikasi ke telepon genggam lulusan untuk
menanyakan keberadaan mereka. Faktor pendukung penelusuran yaitu: ada pengurus, fasilitas dan dana. Faktor
penghambatnya yaitu: ada lulusan yang susah ditelusuri dan metode kurang efektif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.