PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINAAN LAYANAN KLINIS DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Fani Widyaasti Rinjani,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembinan layanan klinis yang diselenggarakan di SMA Negeri 2 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII dan guru pembimbing. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa: Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan sekolah memperoleh persentase rerata sebesar 54,32% peserta didik menjawab “ya” bahwa pihak sekolah telah memenuhi kesiapan sekolah pada program layanan klinis, terutama pada indikator kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan guru, dan kesiapan persyaratan, sedangkan untuk kesiapan pembiayaan masih belum terpenuhi. 2) Kesiapan peserta didik memperoleh persentase rerata sebesar  57,61% peserta didik menjawab “ya” bahwa kesiapan peserta didik telah terpenuhi, yaitu pada indikator capaian nilai peserta didik. 3) Pengaturan pelaksanaan program memperoleh persentase sebesar 55,54% peserta didik yang menjawab “ya” bahwa pihak sekolah telah melaksanakan perangaturan yang telah dibuat, terutama pada indikator jadwal pelaksanaan program, indikator tata tertib, serta indikator sarana dan prasarana pendukung, namun pada indikator kegiatan sosialisasi, kegiatan evaluasi dan pengawasan, serta indikator pelayanan program belum dilaksanakan dengan baik.

Kata kunci: pelaksanaan program, layanan klinis, SMA Negeri 2 Ngaglik

 

Abstract

This study aims to knowing the implementation of clinical service coaching program helt State High School 2 Ngaglik. This research uses a quantitative research approach. The research subjects are students of clas XII and tutor. Questionnaire, interview, and documentation are chosen as the data collection technique. Meanwhile, the data collected is analyzed with six step model of Creswell. The results of research pointing that: 1) School preparation getting a percentage of 54,32% students answered “yes” that school had fulfilled the school’s preparation in the clinical servise program, especially in the indication of the preparation of facilities and infrastructure, teachers preparation, and requirements preparation, while for funding preparation was still not met. 2) Students preparation getting a percentage of 57,61% students answered “yes” that the students preparation has been fulfilled, especially in the indication of student achievement. 3) Implementation regulation getting a percentage of 55,54% students answered “yes” that the school has implemented the arrangements that hase been made, especiallyin the indication program implementation schedule, rules of conduct, and supporting facilities and infrastructure, but on the indication of socialization, evaluation and supervision, and service programs have not been implementation properly.

 

Keywords: program implementation, clinical services, State High School 2 Ngaglik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.