POLA KERJA SEKOLAH MODEL GSM DI SD NEGERI REJODANI DAN SD MUHAMMADIYAH MANTARAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerja sekolah model Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SD Negeri Rejodani dan SD Muhammadiyah Mantaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan beberapa guru di SD Negeri Rejodani dan SD Muhammadiyah Mantaran. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Pengolahan data menggunakan teknik analisis data Model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan GSM di SD Negeri Rejodani dan SD Muhammadiyah Mantaran pada tahun pelajaran dilaksanakan melalui tahap perencanaan, koordinasi, dan pengawasan. 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan GSM di SD Negeri Rejodani ditemukan pada penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru, perubahan pada karakter siswa, semangat belajar siswa meningkat, partisipasi wali siswa yang tinggi, serta bantuan wali siswa dalam pelaksanaan program berupa barang dan tenaga. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan GSM di SD Muhammadiyah Mantaran ditemukan pada tingginya kreativitas guru, tingginya partisipasi wali siswa, dan lingkungan sekolah dengan suasana tenang dan kualitas udara yang baik. Faktor penghambatnya di SD Negeri Rejodani adalah ketidaksesuaian sistem evaluasi hasil belajar berupa ujian pada kelas VI dengan prinsip GSM. Sedangkan faktor penghambatnya di SD Muhammadiyah Mantaran adalah keterbatasan jumlah SDM dan keterbatasan sarana prasarana.
Kata kunci: Gerakan Sekolah Menyenangkan, pelaksanaan, pendukung,dan penghambat
Abstract
This study aimed to determine the work system of sekolah model Gerakan Sekolah Menyenangkan in Rejodani State Elementary School and Muhammadiyah Mantaran Elementary School.This research is a qualitative descriptive study. Informants in this research were the principal and several teachers at Rejodani State Elementary School and Muhammadiyah Mantaran Elementary School. Retrieval of data using interview, observation and document study methods. Data processing using data analysis techniques of Miles, Huberman, and Saldana.The results ist: 1) implementation of the Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) in Rejodani State Elementary School and Muhammadiyah Mantaran Elementary School was carried out through the planning, coordination, and supervision. 2) supporting factors in the implementation of GSM in Rejodani Elementary School were found in the varied of application learning methods by teachers, good changes of character students, increased the enthusiasm students for learning, high student guardian participation, and student guardian assistance in the implementation of programs in the form of goods and personnel. While supporting factors in the implementation of GSM in Muhammadiyah Mantaran Elementary School were found in the high creativity of teachers, high participation of student guardians, and calm atmosphere of school environment and good quality of air. The inhibiting factor in the implementation of GSM in Rejodani State Elementary School is the dismatch of learning evaluation systems in the form of examinations with the GSM principle. While the inhibiting factors for the implementation of GSM in Muhammadiyah Mantaran Elementary School are limited the number of human resources and limited of infrastructure.
Keywords: Gerakan Sekolah Menyenangkan, Implementation, support and inhibitors
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.