KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulaasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang diukur dengan menggunakan beberapa aspek yaitu: (1) tangibles (keberwujudan), (2) responsiveness (ketanggapan), (3) reliability (keandalan), (4) assurance (keyakinan), (5) empathy (empati). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penilitian ini adalah semua pengguna layanan sirkulasi di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berjumlah 3000 orang. Penentuan sampel dengan menggunakan teori oleh Krejcie Morgan sehingga diperoleh sampel sebanyak 312 orang dengan menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Hasil penelitian mennunjukkan analisis data dengan rincian sebagai berikut. (1) Berdasarkan aspek tangibles kepuasan pengguna masuk dalam kategori memuaskan dengan prersentase sebesar 80,48%. (2) Berdasarkan aspek responsiveness kepuasan pengguna masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan presentase sebesar 86,19%. (3) Berdasarkan aspek reliability kepuasan pengguna masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan persentase sebesar 85,19%. (4) Berdasarkan aspek assurance kepuasan pengguna masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan persentase sebesar 85,29%. (5) Berdasarkan aspek empathy kepuasan pengguna masuk dalam kategori sangat memuaskan dengan persentase sebesar 85,26%.
Kata kunci :
Kepuasan pengguna, Perpustakaan
Abstract
The purpose of this research is to understands user’s satisfication about circulation service at Perpustakaan Kota Yogyakarta measured with some aspects which includes : (1) tangibles (keberwujudan), (2) responsiveness (ketanggapan), (3) reliability (keandalan), (4) assurance (keyakinan), (5) empathy (empati). This research used quantitative approach. Respondents of this research are every users of circulation service at Perpustakaan Kota Yogyakarta which are 3000 persons. Sample quotation using Krejcie Morgan theory which results in 312 persons as samples with probability sampling technique. Data collection used questionnaire and observations methods. The results of this research shows. (1) Based on tangibles aspect users’s satisfication included in satisfying category with 80,48% percentage. (2) Based on responsiveness aspect users’s satisfication categorized as satisfying with 86,19% percentage. (3) Based on reliability aspect users’s satisfication included in satisfying category with 85,19% percentage. (4) Based on assurance aspect users’s satisfication categorized as very satisfying with 85,29% percentage. (5) Based on empathy aspect users’s satisfication cateogirzed as very satisfying with 85,26% percetage.
Keywords : Users’s satisfication, Library
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.