PERSEPSI GURU TENTANG KINERJA PENGAWAS DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Dea Kuntum Chaira,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang kinerja pengawas dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik di SMP 13 Yogyakarta.

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan ukuran numerik. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran SMP 13 Yogyakarta yang berjumlah 22 guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala penilaian yang memiliki 4 alternatif jawaban dan terdiri atas 56 butir. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.

 Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Persepsi guru tentang kinerja pengawas dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik di SMP 13 Yogyakarta dalam kegiatan kehadiran secara langsung, pemberian solusi, pengembangan pembelajaran, dan pemberian motivasi kepada guru masuk dalam kategori kurang intensif  dengan skor 2,32. Persepsi guru  dalam kegiatan kehadiran secara langsung, pemberian solusi, pengembangan pembelajaran, dan pemberian motivasi kepada guru oleh pengawas pada aspek membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran masuk kategori intensif dengan skor (2,9). Sedangkan aspek membimbing guru dalam menyusun silabus dan aspek membimbing guru dalam melaksanakan pembelajaran dilaboratorium masuk kategori tidak intensif dengan skor masing-masing (1,1).

 

Kata Kunci: persepsi guru, supervisi akademik

 

Abstract:

 

This study aims to determine the teachers' perceptions about the performance of supervisors in conducting academic supervision at SMP 13 Yogyakarta. 

This research is a descriptive numerical measure. The population in this study were teachers of SMP 13 Yogyakarta subjects amounting to 22 teachers. Data collection instrument in the form of a questionnaire with a scale of assessment that has four alternative answers and consists of 56 items. Data analysis using descriptive analysis techniques.

The results showed as follows. Teachers' perceptions about the performance of supervisors in conducting academic supervision at SMP 13 Yogyakarta in attendance activities directly, giving solutions, the development of learning and motivation to teachers less intensive in the category with a score of 2.32. perception of teachers in the presence of direct activities, the provision of solutions, the development of learning and motivation to teachers by supervisors on the aspect of guiding teachers to manage, maintain, develop and use intensive learning media in the category with a score of (2.9). While aspects of guiding teachers in preparing Silabu s and aspects of learning to guide teachers in implementing laboratory-intensive in the category with a score of each (1,1).

Keywords: perception of teachers, academic supervision


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.