PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KULTUR SEKOLAH DI SMP NASIONAL BANTUL

Nur Johani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah dan Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kultur sekolah di SMP Nasional Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf administrasi dan siswa di SMP Nasional Bantul. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian sebagai berikut (1) kultur sekolah di SMP Nasional Bantul dilihat dari artefak yaitu tata letak bangunan, fasilitas , kebersihan, koleksi buku perpustakaan, dan media pembelajaran. Perilaku warga sekolah yang ada di SMP Nasional Bantul dapat dilihat dari  perilaku guru, staf, dan siswa. Nilai-nilai dan norma-norma sekolah dapat ditemukan adanya slogan-slogan di sekolah dan visi-misi sekolah sebagai pencapaian target sekolah. (2) Peran kepemimpinan kepala sekolah di SMP Nasional Bantul menerapkan prinsip handarbeni”. Kepala sekolah juga membangun adanya komunikasi dan koordinasi, pembinaan minat bakat siswa, menciptakan iklim kerja yang kondusif, dan pemanfaatan perkembangan teknologi pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.