IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM CAMBRIDGE DI SD ISLAM BAYANUL AZHAR TULUNGAGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kurikulum Cambridge dalam Proses Pembelajaran di SD Islam Bayanul Azhar Tulungagung meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mempersiapkan Framework, Worksheet dan memahami silabus, RPP Kurikulum Nasional. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui tahap pendahuluan, inti dan penutup. Strategi dan metode pembelajaran menggunakan pendekatan berpusat pada siswa. Terdapat tiga macam evaluasi yaitu International Progression Test, Center Progression Test, dan Check Point. Semua hanya menilai ranah kognitif. Hambatan yang dialami terjadi pada tahap pembuatan worksheet karena keterlambatan pengiriman buku penunjang dari pihak konsultan, dan penggunaan Bahasa Inggris yang belum optimal. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu: sekolah membeli buku penunjang sendiri, guru juga mempersiapkan Worksheet secara mandiri, dan membiasakan siswa berbahasa Inggris di dalam dan luar kelas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.