PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERKATEGORI UNGGUL DI KOTA YOGYAKARTA

Noorina Ayuningtyas,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial, (2) hasil yang diperoleh, (3) kendala pelaksanaan supervisi serta upaya pemecahannya, serta (4) tindak lanjut yang dilakukan dari hasil pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial oleh kepala sekolah menengah pertama berkategori unggul di Kota Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, guru, dan tenaga kependidikan sekolah. Tempat penelitian SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan teknik pengambilan data serta uji konfirmabilitas. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik setiap satu semester dan supervisi manajerial selama satu tahun ajaran dengan melakukan perencanaan dan menerapkan objek, ruang lingkup, teknik, prinsip-prinsip, model, pendekatan, serta membuat laporan supervisi. (2) Hasil supervisi akademik dan manajerial sesuai dengan tujuan dan perencanaan supervisi. (3) Pelaksanaan supervisi terdapat kendala namun dapat diupayakan solusi untuk mengatasinya. (4) Terdapat tindak lanjut supervisi akademik dan manajerial oleh kepala sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.