PEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan peralatan laboartorium kimia, kondisi peralatan laboratorium kimia dan pemanfaatan peralatan laboratorium kimia SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang Melaksanakan Kurikulum Gabungan yang disesuaikan dengan kompetensi mata pelajaran kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 orang guru kimia. Metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket tertutup. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan data yang tersedia menunjukan sebagai berikut: 1) Ketersediaan peralatan laboratorium kimia SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang melaksanakan kurikulum gabungan memenuhi standar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 dengan persentase 67,87% dan berada dalam kategori kurang memadai, 2)Kondisi peralatan laboratorium kimia SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang melaksanakan kurikulum gabungan sudah memenuhi standar dengan persentase 97,05% sehingga berada dalam kategori sangat baik, 3) Pemanfaatan alat laboratorium kimia di SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang melaksanakan kurikulum gabungan, alat yang paling banyak dimanfaatkan adalah gelas kimia 250 ml yang digunkan pada 40 kompetensi dasar mata pelajaran kimia.
Kata kunci : peralatan laboratorium kimia, ketersediaan alat laboratorium kimia, kondisi alat lanoratorium kimia, dan pemanfaatan alat laboratorium kimia
Kata kunci : peralatan laboratorium kimia, ketersediaan alat laboratorium kimia, kondisi alat lanoratorium kimia, dan pemanfaatan alat laboratorium kimia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.