HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MOTIVASI MEMANFAATKAN KONSELING INDIVIDUAL

Dion Fitriyanto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kinerja guru bimbingan dan konseling dengan motivasi memanfaatkan layanan konseling individual pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bawang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan subyek penelitian siswa kelas XI yang berjumlah 156 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala persepsi siswa tentang kinerja guru bimbingan dan konseling dan motivasi memanfaatkan layanan konseling individual. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan yang berarti semakin tinggi persepsi siswa tentang kinerja guru bimbingan dan konseling maka semakin tinggi motivasi siswa memanfaatkan layanan konseling individual, sebaliknya semakin rendah persepsi siswa tentang kinerja guru bimbingan dan konseling maka semakin rendah pula motivasi siswa memanfaatkan layanan konseling individual.

Kata kunci: persepsi, motivasi.

Abstract

This study aims to determine the relationship of student perception about teacher performance guidance and counseling with motivation to take advantage of individual counseling services in class XI SMA State 1 Bawang. The form of this research is the correlation with the research subject is class XI amounting to 156 students. Methods of data collection in this study using a questionnaire, while the instrument used is the scale of student perception about teacher performance guidance and counseling and motivation to take advantage of individual counseling services. Data analysis technique using product moment correlation analysis. The results showed that there was a positive and significant which means the higher the students 'perceptions of teacher performance guidance and counseling, the higher the motivation of students take advantage of individual counseling services, conversely the lower the students' perceptions of teacher performance guidance and counseling, the lower the motivation of students take advantage of individual counseling services.

Keywords: perception, motivation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.