HUBUNGAN ANTARA SWAKELOLA BELAJAR DENGAN KECEMASAN AKADEMIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNGKID TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bermula dari adanya fenomena masih rendahnya tingkat swakelola belajar yang diasumsikan
sebagai salah satu penyebab timbulnya kecemasan akademis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara swakelola belajar dengan kecemasan akademis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mungkid tahun
ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas VII SMP N 1 Mungkid sejumlah 154 orang yang terdiri atas 65 laki-laki dan 89 perempuan. Penelitian ini
menggunakan dua skala, yaitu skala swakelola belajar dan skala kecemasan akademis yang diuji dengan validitas
konstrak melalui uji coba terhadap 72 siswa selain subjek penelitian dengan rtabel =0,2319 (untuk N=72).
Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara swakelola belajar dan kecemasan akademis dengan
koefisien korelasi sebesar -0,568 dengan taraf signifikansi 0,000. Hasil menunjukkan bahwa sumbangan
efektif swakelola belajar terhadap kecemasan akademis sebesar 32,26%.
Kata kunci: validitas skala, swakelola belajar, kecemasan akademis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.