CITRA DIRI DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM PADA SISWA KELAS XI SMA N 9 YOGYAKARTA

Iandesi Andarwati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil citra diri, profil intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram, dan hubungan antara intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram dengan citra diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram dan skala citra diri. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas konstruk melalui uji ahli atau expert judgement, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik prosentase dan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra diri siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta sebanyak 62 siswa (62%) memiliki citra diri pada kategori tinggi, dalam hal intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram sebanyak 76 siswa (76%) memiliki intensitas penggunaan instagram pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram dengan citra diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 9  Yogyakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,298 dan taraf signifikansi sebesar 0,03, artinya semakin tinggi intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram maka semakin tinggi citra diri dan sebaliknya semakin rendah intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram maka semakin rendah citra diri.

Kata kunci: citra diri, intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram

Abstract

               This study aims to determine the self-image in terms of the intensity of the use of social networking media instagram in class XI student of SMA 9 Yogyakarta. The approach used in this research is quantitative descriptive and correlational survey research type. Determination of the study subjects with proportional random sampling technique. Data collection techniques used were a questionnaire. The instrument used was a scale of intensity of the use of social networking media instagram and scale self-image. The validity of the instruments carried by the construct validity through expert testing or expert judgment, while the reliability of the instrument using Cronbach Alpha formula. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis by using percentage and product moment correlation technique.

The results showed that the self-image of a class XI student of SMA 9 Yogyakarta as many as 62 students (62%) have a self-image in the high category, in terms of the intensity of the use of social networking media instagram many as 76 students (76%) had the intensity of use instagram at high category as well there is a positive and significant correlation between the intensity of use of social networking media instagram with self-image in a class XI student of SMA 9 Yogyakarta with a correlation coefficient of 0.298 and a significance level of 0.03, meaning that the higher the intensity of the use of social networking media instagram, the higher the self-image and conversely the lower the intensity of the use of social networking media instagram, the lower the self-image.

Keywords: self image, intensity of using social networking instagram


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.