PENGARUH PENYESUAIAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA

Nisfu Lailatul Fitri,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi akademik, penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik, dan pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa di sekolah asrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa asrama kelas VII SMP IT Ihsanul Fikri dengan jumlah 135 siswa. Instrumen pengumpul data berupa skala penyesuaian diri, skala penyesuaian sosial, dan nilai rapor. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruksi dengan expert judgment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crocbach, sehingga diperoleh nilai koefisien α untuk instrumen penyesuaian diri sebesar 0,857 dan instrumen penyesuaian sosial sebesar 0,901. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif variabel penyesuaian diri terhadap prestasi akademik dengan nilai p 0,028, pengaruh penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik dengan nilai p 0,000, dan pengaruh penyesuaian diri dan penyesuaian sosial terhadap prestasi akademik siswa.

 

Kata kunci : penyesuaian diri, penyesuaian sosial, prestasi akademik

 

 

Abstract

 

The aim of this study is to determine whether or not the influence of self adjustment to academic achievement, social adjustment to academic achievement, and the effect of self adjustment and social adjustment to student achievement in boarding school. This research uses quantitative approach. The subjects in this study were the seventh grade students of SMP IT Ihsanul Fikri with 135 students. The instrumen of data collection are adjustment scales, social adjustment scales, and report cards. The instruments of validity test using construction validity with expert judgment. The instruments of reliability test using Alpha Crocbach formula, so that α coefficient value for instrument of self adjustment is 0,857 and for social adjustment instrument is 0,901. The analysis of data using multiple regression technique with significance value 5%.The result showed that there was positive effect of personal adjustment variable on academic achievement with p value of 0.028, social adjustment to academic achievement with p value 0,000, and the effect of personal adjustment and social adjustment for student achievement.

 

Keywords: adjustments, social adjustments, academic achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.