GAYA MANAJEMEN KONFLIK MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI HIMA PPB FIP UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konflik di dalam organisasi HIMA PPB FIP UNY, gaya manajemen konflik yang diterapkan oleh pengurus, dan dampak pemilihan gaya manajemen konflik terhadap hubungan antar pengurus. Subyek penelitian adalah tiga mahasiswa aktivis yang sudah menjadi pengurus di dalam himpunan selama lebih dari satu tahun, mengetahui dinamika yang kerap terjadi di dalam organisasi HIMA PPB FIP UNY, serta memiliki jabatan yang memungkinkan untuk menggali informasi baik dari dalam maupun luar himpunan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) konflik dari dalam adalah pengurus belum mampu memprioritaskan HIMA dari kegiatan organisasi ekstra lainnya, sedangkan konflik dari luar himpunan berupa tekanan dan intervensi dari dosen pendamping mahasiswa; (2) gaya manajemen konflik yang diterapkan oleh subyek IA dan TW adalah kolaborasi dan kompromi, sedangkan subyek MIM hanya menggunakan gaya kompromi; (3) dampak pemilihan gaya kolaborasi dan kompromi adalah tidak adanya kesenjangan di antara pengurus, komunikasi dengan pengurus yang semakin baik, dan meminimalisir ketidakharmonisan hubungan antar pengurus.
Kata kunci: manajemen konflik, mahasiswa, aktivis Abstract AbstracThe purpose of this research is to know the conflict in HIMA PPB FIP UNY, the conflict management style that is applied by the boards, and the impact of choosing the conflict management style on the relationship among the boards. The subject of the research are three of organizational activist who have been in the set for more than a year, known the dynamics that often occur in HIMA PPB FIP UNY, and had positions for acquiring information from internal either external sides. Methods of data collection used were interviews and observation. The results of the research are: (1) the internal conflict is the board has not been able to prioritize HIMA PPB than other extra organizational activities, while the external conflict is the pressure and intervention from companion students lecturers; (2) the conflict management applied by IA and TW are collaboration and compromise, while MIM only use compromise styles; (3) the impact of choosing collaboration style and compromise are there is no discrepancy amongst the boards, to improve communications between the boards, and to minimize disharmony between the boards.
Keywords: conflict management, students, activist
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.