TINGKAT KEPUASAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DAN KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan bimbingan klasikal dan konseling individual pada siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik penentuan sampel yang digunakan ada dua yaitu proportionate stratified random sampling untuk mengungkap kepuasan layanan bimbingan klasikal dengan jumlah 227 siswa dan purposive sample untuk mengungkap kepuasan layanan konseling individual dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan instrumen yang digunakan yaitu skala kepuasan layanan bimbingan klasikal dan skala kepuasan layanan konseling individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kepuasan layanan bimbingan klasikal pada siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta berada pada kategori cukup puas yaitu 40,08 % dilihat dari frekuensi terbanyak yaitu 91 siswa berada pada kategori cukup puas ; 2) tingkat kepuasan layanan konseling individual pada siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta berada pada kategori cukup puas yaitu 57,89 % dilihat dari frekuensi terbanyak yaitu 22 siswa berada pada kategori cukup puas.
Kata kunci: kepuasan, layanan bimbingan klasikal, layanan konseling individual
Abstract
This study aims to determine the satisfaction level of a classical guidance and individual counseling services in student at Smp Negeri 8 Yogyakarta.This research uses survey research type. Subjects in this research were students of SMP Negeri 8 Yogyakarta. There are two techniques for determining the sample, i.e. proportionate stratified random sampling, to reveal the satisfaction of classical guidance service with 227 stundents and purposive sampling, to reveal the satisfaction of individual counseling service with 38 students. The results showed that: 1) the level of satisfaction of classical guidance service in the students of SMP Negeri 8 Yogyakarta is in the quite satisfied category that is 40.08% seen from the most frequencies that is 91 students are in the category quite satisfied; 2) the level of satisfaction of individual counseling services at the students of SMP Negeri 8 Yogyakarta is in the category of quite satisfied that is 57,89% seen from the most frequencies that is 22 students are in satisfied category.
Keywords: satisfaction, classical counseling services, individual counseling services
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.