TINGKAT PEMAHAMAN KARIER SISWA SD KELAS RENDAH DI KECAMATAN BANGUNTAPAN

Aditya Dani Wijaya,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman karier siswa SD kelas rendah di Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian survei (cross-sectional survey). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian survei (cross-sectional survey). Subyek penelitian adalah 257 siswa SD kelas rendah yang diambil dengan teknik simple random sampling, menggunakan sistem acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman karier siswa SD kelas rendah di Kecamatan Banguntapan dengan persentase sebesar 35,02% berada pada kategori rendah. (2) tingkat pemahaman karier pada indikator menerjemahkan berada pada kategori tinggi dengan persentase 36,58%. Tingkat pemahaman karier pada indikator menafsirkan berada pada kategori sedang dengan persentase 40,86%. Tingkat pemahaman karier pada indikator mengekstrapolasi berada pada kategori sedang dengan persentase 44,75%.

Kata kunci: tingkat pemahaman karier, kelas rendah.

 

Abstract

The aim of this study is to find out the level of understanding career of a low-grade elementary school students in Banguntapan district. This study used quantitative methods with descriptive approach named cross-sectional survey research design. The subjects of this study were 257 low-grade elementary school students which taken by simple random sampling, using a random system. The result of the study showed that (1) the level of the understanding career of the Elementary School Students in Banguntapan District is 35.02%, categorized as low-level. (2) The level of understanding career to translate indicator is 36.58%, categorized as high level. The level of understanding career to the interpreting indicator is 40.86%, categorized as medium level. The level of understanding career to extrapolate indicator 44.75%, categorized as medium level.

Keywords: Understanding careers, low-grades elementary school students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.