UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MORAL MELALUI MATERI CERITA DILEMA MORAL PADA SISWA SMKN 6 YOGYAKARTA

Tommy Nirwan Herjuno,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penalaran moral melalui materi cerita dilemma moral pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model  Kemmis dan Taggart yang  dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan  di SMK  N 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa pada kelas X UPW dan AP (2 kelas). Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket. Instrumen penelitian menggunakan Defining Issue Test (DIT-1 dari Rest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan dilakukan pemberian materi cerita dilemma moral untuk meningkatkan penalaran moral siswa. Tahap refleksi dilakukan perbaikan pada siklus sebelumnya, sehingga penalaran moral pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan kriteria keberhasilan karena sudah lebih dari 65% siswa berada pada tahap 4.

Kata kunci: penalaran moral, bimbingan dan konseling, cerita dilema moral

Abstract

This study aims to determine the increase in moral reasoning through the narrative material of moral  dilemmas  in  class X  SMK  Negeri  6 Yogyakarta.  The research  is  classroom  action  reseach collaboratively with design research and the Taggart Kemmis model implemented in accordance with the procedures of the research as follows: planning-action-reflection-observation. The research was carried out in SMK N 6 Yogyakarta with the subject around 36 students in class X UPW and  AP  (2 classes).  Method  of  data  collection  using  the  observation  sheet and student activity and also using quesionaires. Research instrument using the Defining Issues Test (.DIT-1 from the Rest). Data analysis techniques used in this research is a descriptive analysis. The results of the study includes the planning carried out by researchers in collaboration with teachers. Stage action be giving moral dilemma story material to improve  students' moral reasoning.  This stage  of the  reflection carried  out repairs on the cycle of beforehand, so that moral reasoning in the next cycle will run better. From these results, the success criteria achieved, because more than 65% of students are at stage 4.

Keywords: moral reasoning, guidance and counseling, private counseling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.