PENERIMAAN DIRI MAHASISWA TUNANETRA TOTAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FIP UNY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan diri mahasiswa tunanetra total yang
sebelumnya dapat melihat secara normal di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah tiga orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri ketiga subjek mahasiswa tunanetra total yang meliputi tujuh indikator, yaitu: (1) positif terhadap diri, (2) mengakui dan menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, (3) positif dengan kehidupan masa lalu, (4) puas dengan diri sendiri, (5) menerima persepsi orang lain atau penilaian orang lain, (6) keterbukaan diri, (7) melihat diri secara realistis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta sudah dikatakan baik walaupun salah satu subjek sesekali kecewa, tidak terima dengan pengalaman masa lalu, dan dua subjek merasa tidak puas dengan yang dimiliki.
Kata kunci: penerimaan diri, mahasiswa, tunanetra total
Abstract
This study aims to determine the total self-acceptance blind students who previously could see normally in the Faculty of Education, University of Yogyakarta. This study uses a qualitative approach with case studies. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and documentation. Subjects numbered three. The research instrument using interview guidelines and observation guidelines. Test the validity of the data using a triangulation with data analysis techniques Milles and Huberman interactive model. The results showed that the acceptance of the three subjects students with visual impairments total which includes seven indicators, namely: (1) positive towards yourself, (2) recognize and accept the advantages and disadvantages of self, (3) positive with past life, (4) are satisfied with yourself, (5) receive other people's perception or judgment of others, (6) self-disclosure,
(7) see themselves realistically in the Faculty of Education, University of Yogyakarta has been said to be good although one subject of the occasional upset, do not accept the experience the past, and the two subjects are not satisfied with the possessed.
Keywords: self-acceptance, student, total blind
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.