STRATEGI COPING KORBAN BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Pentingnya strategi coping bagi korban bullying yaitu dapat membantu dalam mentoleransi dan menerima situasi menekan yang tidak dapat dikuasainya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping yang digunakan korban bullying verbal pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode studi kasus. Setting penelitian di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Subjek adalah dua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, berusia 15-18 tahun, pernah menerima tindakan bullying, lebih sering menerima tindakan bullying verbal, dan bersedia menjadi subyek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan observasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi coping yang dipilih oleh subjek AR adalah kontrol diri dan penerimaan. Subjek AR lebih cenderung menerima dan tidak menyalahkan keadaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penolakan dan tindakan bully terulang kembali; dan (2) Strategi coping yang dipilih oleh subjek FD adalah keaktifan diri, dan religiusitas. Subjek FD lebih cenderung membaur dan bergaul dengan baik terhadap pelaku bullying. Sikap membaur dan bergaul dengan baik ini merupakan salah satu bentuk pertahanan diri supaya FD tidak diintimidasi dan diperlakukan kurang baik oleh temannya.
Kata Kunci: Strategi Coping, Korban Bullying Verbal
Abstract
The importance of coping strategies for victims of bullying that can help to tolerate and accept the pressing situation that can not be mastered. The study aims to reveal the coping strategies used bullied verbally in class XI student at SMA Negeri 11 Yogyakarta. Research using the case study method. Setting research in SMA 11 Yogyakarta. The subject is two class XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, aged 15-18 years, had received bullying, more often received verbal bullying, and willing to be the subject of research. Methods of data collection using structured interviews and observation. Data were analyzed using the concept of Miles & Huberman, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion. Technique authenticity of data using triangulation techniques and methods. The results showed that: (1) Coping strategies chosen by the subject AR is self-control and acceptance. AR subjects are more likely to accept and do not blame circumstances. This is done to prevent rejection and bullying actions reoccur; and (2) coping strategies chosen by the subject FD is a self liveliness, and religiosity. FD subjects were more likely to blend and mix well to bullying. Attitude mingle and get along well this is one form of self-defense so that the FD is not intimidated and treated poorly by his friend.
Keywords: Self-Efficacy, and Cheating Behavior
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.