EFEKTIVITAS POSITIVE SELF TALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas positive self talk terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IX SMP N 3 Banguntapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen desain quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah 8 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Pemilihan subjek menggunakan teknik sampling kuota dan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala motivasi belajar. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment. Reliabilitas skala motivasi belajar diuji menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Wilcoxon melalui program SPSS Statistics ver 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive self talk efektif terhadap motivasi belajar pada siswa yang dilihat dari uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan taraf signifikasi p = 0,012 < 0,05.
Kata kunci: positive self talk, motivasi belajar
Abstract
This research aims to determine the effectiveness of positive self-talk to learning motivation of students in grade IX at SMP N 3 Banguntapan. This research used experimental approach with a quasi-experimental design with Nonequivalent Control Group Design formed. The research subjects are students in grade IX, with 8 students as the experimental group and 8 students as a control group. Selection of subjects used quota sampling and purposive sampling technique. Measuring instruments used are learning motivation scale. The scale has been through a validity test by using expert judgment. Learning motivation scale reliability was tested using Alpha Cronbach formula. Analyzed using univariate and Wilcoxon tests by SPSS Statistics ver 20. Results showed that positive self-talk effectively to motivate the students to learn the views of the Wilcoxon test in pretest and posttest results of the experimental group showed significance level of p = 0.012 <0.05.
Keywords: positive self talk, learning motivation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.