PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 BERBAH

Ariesta Dian Pramesti,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa melalui pelatihan asertif pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, dan wawancara. Intrumen yang digunakan skala rasa percaya diri, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalas deskriptif kuantitatif, dilengkapi dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan skor rasa percaya diri subjek pada setiap siklus yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rasa percaya diri pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah. Terlihat dari hasil skor tes pra tindakan 71,61 yang mengalami peningkatan skor menjadi 84,06 pada tes pasca tindakan siklus I dan mengalami peningkatan skor menjadi 99,06 pada tes pasca tindakan siklus II. Interpretasi hasil observasi dan wawancara menunjukkan peningkatan rasa percaya diri siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertif dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah.

 

Kata kunci :rasa percaya diri, pelatihan asertif

 

Abstract

This research aims to know the increase in student confiden through assertiveness training in the eight grade B of SMP N 1 Berbah. The type of research used in this action research classroom. This research was conducted in two cycles there are cycle I and cycle II. Research conducted in collaboration between researcher and the teacher of guidance and counseling. The data collection method used is the scale, observation, and interviews. Instruments used scale of confidence, observation guidelines, and guidelines for the interview. Analysis of the data used is quantitative descriptive, supplemented with qualitative analysis. The results of this research shows that the improvement score confidence subjects at each cycle performed. This shows that increased confidence of the studentin in eight grade B of SMP N 1 Berbah. Seen from the score of the test pre action 71,61 which increased acore to 84,06 in the test after action of cycle I and increased the score to 99,06 in the test after action of cycle II. The interpretation of observations and interviews shows increased confidence of student. Therefore it can be concluded that assertiveness training can increase the confidence of student in the eight grade B SMP N 1 Berbah.

 

key word: confident, assertiveness training


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.