UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT MELALUI ANALISIS SWOT PADA SISWA KELAS XI IPA 4 DI SMA NEGERI 1 SLEMAN

Etta Emaculata Hapsari,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut melalui analisis SWOT pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 tindakan yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 16 orang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh dari skala pengambilan keputusan studi lanjut dan didukung oleh hasil observasi selama pemberian tindakan berlangsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil skor pre-test dan post-test, yaitu terdapat peningkatan skor pengambilan keputusan studi lanjut subjek pada setiap siklus. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut secara signifikan pada siswa kelas XI IPA 4 setelah diberi tindakan menggunakan analisis SWOT. Hasil rata-rata skor subjek pada pra tindakan adalah 78,19, meningkat menjadi 90,69 pada siklus I. Pada siklus II rata-rata skor subjek meningkat menjadi 99,06, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pengambilan keputusan studi lanjut siswa dapat ditingkatkan melalui analisis SWOT.

 

Kata kunci: pengambilan keputusan studi lanjut, analisis SWOT

 

 

Abstract

 

This research has purposes to improve decision making ability on taking higher education on eleventh grade of science four students in sma n 1 sleman. This research is a followed up research which is done by two cycles. Every cycles consists of two action which is done by two meeting. The subject of this research is the eleventh grade of science four students. They are sixteen students. They are 2 male students and 14 female students. The data are gotten from decisision making scale of higher education. It is supported by the observation’s result since the action and interview. The result of the research shows that there is difference result between pre test and post test. There is an improvement score of decision making ability on taking higher education in every cycle. The result shows that there is a significant improvement of decision making ability on the eleventh grade of science fout students. It is caused after they are given an action through swot analysis . The average subject score on male students is from 78,19 to 90,69 in first cycle. In cycle two, the average subject score is 99,06. The researcher can conclude that the decision making ability can be improved by doing swot analysis.

 

Keywords: decision making ability on taking higher education, swot analysis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.