KONSENTRASI BELAJAR DAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Siti Nuramaliana,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi belajar dan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 108 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII. Penentuan subyek penelitian ini ditentukan dengan mengambil sampel secara acak yang menggunakan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan adalah skala konsentrasi belajar dan skala penyesuaian diri. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi ahli berupa ezpert judgement, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk skala konsentrasi belajar sebesar 0,758, sedangkan skala penyesuaian diri sebesar 0,810 yang menunjukkan realibilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ciawigebang sebanyak 32 siswa berada pada kategori rendah, 45 siswa berada pada kategori sedang, dan 31 siswa berada pada kategori tinggi, Penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ciawigebang sebanyak 30 siswa berada pada kategori rendah, 46 siswa berada pada kategori sedang, 32 siswa berada pada kategori tinggi.

 

Kata kunci: konsentrasi belajar, penyesuaian diri

 

Abstract

Research aims to understand of concentration and adjustment on a student VII in Junior High School 1 Ciawigebang on academic year 2016/2017. An approach that used in this research was quantitative correlational with the kind of research.The subject of this study were 108 students consisting of a student VII. The determination of subjects this research determined by taking random samples who uses the technique sampling simple random sampling. Data collection techniques used is the survey.  An instrument that is used is the scale of concentration and scale of adaptations .An instrument carried out the validation with the validation expert expert judgement in the form of, while reliability an instrument using formulas Alpha Cronbach  to scale concentration 0,758 as much as, while the scale of adaptations of 0,810 showing realibilitas very high. Data analysis technique used on this research using analysis of satistic descriptive. The results of the study showed that the learning concentration VII in Junior High School 1 Ciawigebang 32 students in low category, 45 students in medium category, and 31 in high category. Adjustment on a student VII in Junior High School 1 Ciawigebang 30 in low category, 46 in medium category, and 32 in high category.

 

Keywords : consentration, adjustment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.