EFEKTIVITAS SENAM OTAK DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 11 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMAN 11 Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metodenya quasi experimen dengan desain nonequivalent control group design. Pada penelitian ini, populasi terdiri dari delapan kelas pada kelas 11. Sampel ditentukan menggunakan Quote Purposive Sampling dalam menentukan kelas sampelnya dan didapat kelas sampel yakni kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol jumlah sampel dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu senam otak mampu menurunkan kejenuhan belajar secara signifikan, yang dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai sig 0,013 ≤ 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig 0,016 ≤ 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak atau senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa.
Kata kunci: senam otak, kejenuhan belajar
Abstract
This study aims to identify whether brain gym is effective in reducing level of academic burnout in class XI student of SMAN 11 Yogyakarta. Type of this research is a quantitative research which the method is quasi experimental with nonequivalent control group design. In this study, the population consists of eight classes at a grade of 11. Samples were determined using the quote purposive sampling to determine the class sample and obtained class sample are XI IPS 3 as the experimental class and XI IPA 2 as the control class, number of samples of each experimental class and control class that as many as 21 students. The results obtained are brain gym can reducing level of burnout significantly, which can be seen from the results of the Wilcoxon test with sig 0.013 ≤ 0.05. Hypothesis test results obtained sig 0.016 ≤ 0.05 so that Ha accepted and Ho rejected or brain gym is effective in reducing level of academic burnout.
Keywords: brain gym, academic burnout
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.