TINGKAT PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan melalui skala dan pedoman observasi. Subjek penelitian ini adalah 33 guru bimbingan dan konseling di SMPN se-Komisariat 1 Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru BK berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,61%, dengan rincian 8 guru BK berada dalam kategori sangat tinggi, 21 guru BK berada pada kategori tinggi, dan 4 guru BK berada pada kategori sedang (2) kompetensi profesional guru BK berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,20%, dengan rincian 9 guru BK berada dalam kategori sangat tinggi, 21 guru BK berada pada kategori tinggi, dan 3 guru BK berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kompetensi, Pedagogik, Profesional.
Abstract
This research attempts to know the level pedagogical competence and professional competence mastery of school counselor.This research uses the descriptive quantitative method with the type of survey research. The data collection construct by scale and guidelines observation. The subject of the research are 33 school counselor state junior high school in commissariat area 1 Ciamis District. The results of the study showed that : ( 1 ) the pedagogical competence of counselor be in category high with an average 80,61 %, details are 27 counselor be in very high category, 21 counselor be in the high category, and 4 counselor is at medium category. (2) The professional competence of counselor be in high category with an average 80,20 % , with details 9 counselor be in very high category , 21 counselor be in the high category, and 3 counselor is at medium category.
Keywords: competence, pedagogical, professional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.