STUDI KASUS TENTANG PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN PENERIMAAN ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA YANG AUTIS

Ridho Wijaksono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara mendalam tentang pengaruh dukungan sosial dalam membangun penerimaan orangtua terhadap anaknya yang autis. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yaitu orangtua yang mempunyai anak autis. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi sehingga instrumen pendukungnya berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data antar sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, orangtua anak autis menerima dukungan sosial yang terdiri dari dukungan emosional berupa empati, kepedulian dan perhatian, dukungan penghargaan berupa penilaian positif terhadap ide dan gagasan dari cara pengasuhannya, dukungan instrumental berupa bantuan langsung dalam membantu meringankan pekerjaannya, dukungan informasi berupa berbagai nasehat, saran dan pengetahuan terkait anak autis. Berbagai dukungan sosial yang diterima tersebut membuat orangtua anak autis bisa menerima anaknya dengan baik yang ditandai dari komunikasi orangtua dengan anak, perhatian dan kasih sayang, keterlibatan orangtua, dan kepercayaan orangtua pada anak. Dukungan ini membuat orangtua merasa masih ada yang peduli, paham, menghargainya dan membuat orangtua termotivasi serta percaya diri dalam mengasuh dan mengembangkan anaknya yang autis sesuai potensi yang dimiliki.

Kata kunci: dukungan sosial, penerimaan orangtua, anak autis.

Abstract

This research is aimed to identify deeply about the influence of social support on building the parents acceptance toward their autism children. This research uses qualitative approach with the method of case study. The subjects are determined using purposive technique, i.e. who have autism children. The data collecting method used are observation and interview. To analyze the data, the technique used reduction data, display data, and conclusion drawing. To validate the data, technique of triangulation is used source and method. The result of research shows that parents of autism children accept social support which is consist of empathy as emotional support, care and attention, positive point of view as the respect support toward the ideas of how to look after, instrumental support that is a help to enlighten their jobs, kinds of advices as the information support, and study deal with the autism. Some of social supports received make the parents of autism children accept their children well which is indicated by the communication between parents and the children, attention and love, the involve of parents, and the faith of parents to the children. These supports make parents feel that there are some still care, understand, give respect, and make parents are motivated and have self-confidence to look after and develop their autism children according to their potentiality.   

Keyword: social support, parents acceptance, autism children.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.