HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Iriena Nurfadhilah,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah pada siswa kelas XI SMKN 1 Seyegan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Seyegan dengan populasi sebesar 399 siswa. Jumlah sampel yaitu 120 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala kecerdasan emosional, keterampilan interpersonal dan interaksi sosial di sekolah. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan validitas isi. Reliabilitas instrumen diukur menggunakan alpha cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,9 pada skala kecerdasan emosional, 0,882 pada skala keterampilan interpersonal dan 0,877 pada skala interaksi sosial di sekolah. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (1) kecerdasan emosional dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,416, (2) keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,656, dan (3) kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal dengan interaksi sosial di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,657. Pada penelitian ini kecerdasan emosional dan keterampilan interpersonal memberikan kontribusi pada interaksi sosial di sekolah sebesar 43,1 %.
Kata kunci: kecerdasan emosional, keterampilan interpersonal, interaksi sosial di sekolah
Abstract
This study aims to determine positive and significant relationship of emotional intelligence and interpersonal skill with social interaction at school of the student of grade XI SMKN 1 Seyegan. This research uses a quantitative approach and correlational research model. Subject the research is student of grade XI SMKN 1 Seyegan and the population is 399. The number of sample 120 students with proportional random sampling technique. Data collection techniques using the scale, consist of emotional intelligence scale, interpersonal skill, and social interaction at school. The validity of the instrument using the construct validity and content validity. Instrument reliability was measured using the Cronbach Alpha with the reliability coefficient of 0.9 on emotional intelligence scale, 0.882 on interpersonal skill scale, 0.877 on interaction social at school scale. Data analysis using product moment correlation technique and double correlation. The result showed that there is a positive and significant relathionsip (1) emotional intelligence with interaction social at school which is the correlation coefficient is 0,416, (2) interpersonal skill with interaction social at school which is the correlation coefficient is 0,656, and (3) emotional intelligence and interpersonal skill with interaction social at school which is the correlation coefficient is 0,657. In this research emotional intelligence and interpersonal skill contribute to interaction social at school amounted to 43,1%
Keywoards: emotional intelligence, interpersonal skill, social interaction at school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.