HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PROSOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Ayu Setyawati M.,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku prososial dengan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 154 siswa, dengan sampel 110 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala perilaku prososial dan skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being). Uji validitas menggunakan expert jugdement dan uji coba instrumen dengan penentuan gugur atau tidaknya item dengan rumus Product Moment dari Pearson’s. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan program SPSS for Windows release 21.0 diperoleh koefisien reliabilitas skala perilaku prososial sebesar 0,742 dan skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebesar 0,921. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson’s dengan program SPSS for Windows release 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta memiliki tingkat perilaku prososial pada kategori tinggi sebanyak 68 siswa (62%) dan tingkat kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada kategori tinggi sebanyak 79 siswa (72%). Ada hubungan positif dan signifikan antara perilaku prososial dengan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,660. Semakin tinggi perilaku prososial pada siswa, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan sebaliknya. Berdasarkan nilai koefisien korelasi dapat diketahui nilai koefisien determinasi (R square= (0,660)2) yaitu 0,436. Artinya bahwa variabel perilaku prososial memberikan kontribusi pada kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebesar 43,6% sedangkan 56,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata kunci: perilaku prososial, kesejahteran psikologis (psychological well-being)
Abstract
This study aims to determine the relationship between prosocial behavior with psychological well-being in the class XI students in SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlation. The population in this study were all students of class XI at SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta totaling 154 students, with a sample of 110 students. The samples using proportional random sampling technique. Data obtained using prosocial behavior scale and the scale of psychological wellbeing. Test the validity of using expert jugdement and test instruments to determine whether or not the items fall to the formula of Pearson's Product Moment. Reliability test using Cronbach alpha formula with SPSS for Windows Release 21.0 is obtained reliability coefficient of 0.742 prosocial behavior scale and the scale of psychological wellbeing of 0.921. Analysis of data using correlation techniques of Pearson's product moment with SPSS for Windows Release 21.0. The results showed that the majority of class XI students in SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta have high levels of prosocial behavior in the high category as many as 68 students (62%) and the level of psychological well-being in the high category as many as 79 students (72%). There is a positive and significant relationship between prosocial behavior with psychological well-being in the class XI students in SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta with a correlation coefficient of 0.660. The higher prosocial behavior in students, the higher the psychological well-being in the class XI students in SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, and vice versa. Based on the value of the correlation coefficient can be known the coefficient of determination (R square = (0.660) 2) is 0.436. This means that the variable prosocial behavior contribute to the psychological well-being amounted to 43.6%, while 56.4% are influenced by other factors.
Keyword: behavior prosocial, psychological well-being


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.