EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN MEDIA CEV (CAREER EDUCATION VIDEO) TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMP N 2 PLAYEN

Ridwan Kurniawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi karir dengan Media CEV (Career Education Video) terhadap kematangan karir siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan karir siswa. Tahapan penelitian adalah pretest, treatment, dan posttest. Pada kelas eksperimen mendapatkan layanan dengan Media CEV, sementara pada kelas kontrol secara konvensional/ceramah.  Adapun analisis data penelitian dengan statistik parametrik menggunakan uji Independent Sample t Test. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kematangan karir pada kedua kelompok. Perbedaan yang terjadi sebesar 5,10 dengan rincian 104,23 pada kelas kontrol dan 109,13 pada kelas eksperimen.  Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa (Asymp.Sig = 0,007,p<0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan dengan Media CEV efektif terhadap kematangan karir pada siswa kelas VIII SMP N 2 Playen.

Kata Kunci : Layanan informasi karir, Media CEV, kematangan karir.

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of career information services with CEV (Career Education Video) media on student career maturity. This experimental research method is an quasi experimental design with the type of Nonequivalent Control Group Design. The subject of this research is class VIII. Class VIII A as an experimental class and class VIII B as a control class. The instrument used is the scale of student career maturity. The stages of the research are pretest, treatment, and posttest. In the experimental class get services with cev media, while in the control class get services with conventional. The analysis of data research with parametric statistics uses the Independent Sample t Test. The result of research indicate that there are differences in the average value of career maturity in the two groups. The difference that occurred was 5.10 with details 104.23 in the control class and 109.13 in the experimental class. The result of hypothesis test showed that (Asymp.Sig = 0.007, p <0.05). So, it can be concluded that the provision of services with CEV media is effective on career maturity in eighth grade students of SMP N 2 Playen.

Keywords : Career information services, Media CEV, career maturity.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.