PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Anggun Krisnawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif, (2) mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Negeri Yogyakarta dengan ukuran sampel 173. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach, yang diperoleh nilai koefisien alpha 0,808 pada skala penggunaan media sosial, 0,812 pada skala konformitas teman sebaya, dan 0,906 pada skala perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig. sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 16,6%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig. sebesar 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 7,6% dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig. sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 7,1 %.

 

Kata kunci: penggunaan media sosial, konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif   

 

Abstract

This study aims to: (1) determine the effect of use social media toward consumptive behavior, (2) determine the effect of peer conformity toward consumptive behavior, and (3) determine the effect of use social media and peer conformity toward consumptive behavior. The research approach used quantitative approach with ex-post facto methods. The sample of this study was the guidance and counseling student of Yogyakarta State University with a sample size of 173. The validity test of the instrument was using expert judgment. The instrument reliability test used Alpha Cronbach, which obtained an alpha coefficient of 0.808 (use of social media), 0.812 on (peer conformity), and 0.906 consumptive behavior. The results showed: (1) there was a positive and significant influence of the use of social media and peer conformity on consumptive behavior with sig. of 0,000 and effective contribution of 16.6%, (2) there is a positive and significant influence of the use of social media on consumptive behavior with sig. of 0,000 with an effective contribution of 7.6% and (3) there is a positive and significant influence of peer conformity on consumptive behavior with sig. of 0,000 and an effective contribution of 7.1%.

 

Keywords: use of social media, peer conformity, consumptive behavior


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.