EFEKTIVITAS TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DIFABEL DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik positive reinforcement terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa difabel di SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian yaitu single subject experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa difabel di SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan yang diambil berdasarkan hasil pre-test dengan kategori kepercayaan diri sedang. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Skala Kepercayaan Diri. Teknik analisis data menggunakan uji Wicoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik positive reinforcement efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa difabel di SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo.
Kata kunci: teknik positive reinforcement, kepercayaan diri
Abstract
This research was aimed to know the effectiveness of individual counseling with positive reinforcement techniques to improve self-confidence disability students of SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. The method to used in this research pre-experimental with design of research is single-subject experimental design. The subject of this research are 5 (five) disability students of SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo, 3 boys and 2 girls taken using pre-test. The instrument used was scale sheets. The data analysis technique used a non-parametric Wilcoxon statistic technique. The research results showed self-confidence disability students of SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo improved after given a individual counseling service with positive reinforcement technique.
Keywords: positive reinfocement technique, self-confidence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.