HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI TERHADAP KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: (1) efikasi diri dan siswa terhadap KKM secara bersama-sama dengan kecemasan akademik, (2) efikasi diri dengan kecemasan akademik, dan (3) persepsi terhadap KKM dengan kecemasan akademik siswa SMP di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 31.484 siswa dan sampel 381 siswa dengan metode proportionate cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa skala efikasi diri, skala persepsi terhadap KKM, dan skala kecemasan akademik. Validitas instrumen diuji dengan expert judgement dan reliabilitas skala efikasi diri 0,925, skala persepsi terhadap KKM 0,868, dan skala kecemasan akademik 0,890. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dan persepsi terhadap KKM dengan kecemasan akademik siswa dengan nilai F=136,164 dan p=0,000; (2) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan akademik dengan nilai r=−0,633 dan p=0,000; (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap KKM dengan kecemasan akademik dengan nilai r=−0,441 dan p=0,000.
Kata kunci : efikasi diri, persepsi, kecemasan akademik
Abstract
This research aims to examine the relationship between: (1) self-efficacy, perception of minimum completeness criteria and academic anxiety, (2) self-efficacy and academic anxiety, and (3) perception of minimum completeness criteria and academic anxiety of junior high school students in Bantul District. The type of the research was correlational. The research population consisted of 31.484, while the sample was 381 students by proportionate cluster random sampling methode. The instruments of the data collection were scales of self-efficacy, perception of minimum completeness criteria, and academic anxiety. Instrument validity was measured using expert judgement and instrument reliability for self-efficacy was 0,925, perception of minimum completeness criteria was 0,868, and academic anxiety was 0,890. The data were analyzed using pearson correlation and double correlation. The result showed (1) there was a negative relationship among self-efficacy, perception of minimum completeness criteria and academic anxiety with F value 136,164 dan p=0,000; (2) there was a significant negative relationship between self-efficacy and academic anxiety with r=−0,633 dan p=0,000; (3) there was a significant negative relationship perception of minimum completeness criteria and academic anxiety with r=−0,441 dan p=0,000.
Keywords: self-efficacy, perception, academic anxiety
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.