PADA SISWA PUTRI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meredam mitos menstruasi yang tersebar pada siswa putri ekstrakurikuler PMR SMPN 3 Sleman dengan menggunakan teknik reframing. Teknik reframing ini digunakan untuk membantu siswa mendapatkan pandangan baru tentang mitos menstruasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa putri ekstrakurikuler PMR SMPN 3 Sleman yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Skala Pengetahuan Fakta dan Mitos Menstruasi, observasi dan wawancara. Penentuan skorisasi skala didasarkan pada Skala Likert, sedangkan untuk uji validitas instrumen berupa uji validitas korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan uji validitas instrumen didapatkan 28 item valid dari jumlah semula 40 item serta reliabilitas Skala Pengetahuan Fakta dan Mitos Menstruasi sebesar 0,900 dan termasuk kategori tinggi.
Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa mitos menstruasi yang tersebar pada siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler PMR SMPN 3 Sleman dapat diredam dengan teknik reframing. Penelitian dilakukan dalam 1 silkus dengan 3 tindakan. Hasil rata-rata pre test dan post test mengalami menunjukkan adanya perubahan pandangan baru tentang mitos menstruasi sehingga hasil skor meningkat dari 67, 11 meningkat menjadi 89,14. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan pada siklus I karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditargetkan, yaitu 75% dengan hasil 21 dari 27 siswa termasuk dalam kategori tinggi.
Kata kunci : mitos menstruasi, reframing
Abstract
This research aims to reduce the myths of menstruation to female students of PMR SMPN 3 Sleman extracurricular using reframing techniques. Reframing techniques are used to help student gain new insights about menstrual myths
This type of research is classroom action research with the subject of research female students of extracurricular PMR SMPN 3 Sleman as many as 27 students. Data collection methods using menstrual knowledge scale, observation and interviews. Score scale determination is based on Likert Scale calculation,while for validity test instrument used in the form of validity correlation product Moment and reliability test used is reliability test with Alpha Cronbach formula. Based on the instrument validity test results obtained 28 valid items from the original amount of 40 items and the value of Alpha Cronbach reliability of 0.900 and included in the high category. he established success indicator is 75% of students included in the high category.The results of the action research showed Menstrual myths that are spread among female students of PMR SMPN 3 Sleman extracurricular can be suppressed with reframing techniques. Research conducted in 1 cycles consisting of 3 times the action. The average pre-test and post test increased from 67, 11 increased to 89.14. From these results, the research was sufficient in the first cycle because it met the targeted success criteria, namely 75% with the results of 21 out of 27 students included in the high category.
Keywords: menstruation myths, reframing
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.