PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI PERMAINAN KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi melalui teknik permainan kata berantai pada siswa kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 2 Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa jurusan bahasa tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kemampuan komunikasi, observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik permainan kata berantai dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala kemampuan komunikasi pada saat pra tindakan sebesar 111,8, pada siklus I meningkat menjadi 123,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 153,8. Hasil tersebut juga didukung dengan dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan hasil yang positif, siswa terlihat lebih bisa menunjukkan kemampuan komunikasinya terhadap siswa lainnya baik melalui verbal maupun non-verbal. Selain hasil observasi, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, yang menyatakan bahwa siswa lebih mudah berinteraksi dengan orang lain.
Kata kunci: komunikasi, permainan kata berantai
Abstract
This study aims to improve communication skills through chain word playing techniques for class XI students of the Language Department students at MAN 2 Yogyakarta.This study usesa classroom action research methods. The subjects in this study were 29 language majors in school year 2018/2019. This research was carried out collaboratively with the guidance and counseling teacher through two action research cycles. Data collection methods used are the scale of communication skills, observation and interviews. The data analysis technique used is descriptive quantitative.The results of this study indicate that serial word play techniques can improve students' communication skills. This is evidenced by the results of the average score on the scale of communication skills during pre-action amounted to 111.8, in the first cycle increased to 123.8 and in the second cycle increased to 153.8. These results are also supported by the results of observations and interviews with students and teachers. Based on observations showing positive results, students look more able to demonstrate their communication skills with other students both verbally and non-verbally. In addition to the results of observations, based on the results of interviews with teachers and students, which states that students more easily interact with others.
Keywords: communication, chain words play
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.