MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SISWA DALAM BERTEMAN MELALUI BERMAIN INI TEMANKU PADA SISWA KELAS X IPS 1
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan kemampuan penyesuaian diri dalam berteman melalui bermain ini temanku pada siswa kelas X IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dalam berteman dan observasi. Uji validitas instrumen skala penyesuaian diri menggunakan validitas isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan bermain ini temanku dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X IPS 1. Hasil pengujian penelitian menggunakan paired sample t test menunujukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 , 0,05. Dan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan signifikan skor rata-rata pretest 117,6, posttest 145,8 siklus I, dan posttest siklus II 181,0. Peningkatan hasil skala diatas juga didukung dengan hasil observasi yang menujukkan peribahan perilaku pada siswa saat pemberian tindakan, secara verbal siswa saling menanyakan bagaimana cara tahapan permainan yang benar, mengutarakan perasaan jadi siswa terlihat lebih aktif dan antusias mengikuti kegiatan,secara non-verbal siswa lebih mengenal sifat dan karakter temannya, siswa lebih memahami kekurangan dan kelebihan temannya.
Kata Kunci: penyesuaian diri berteman, bermain
Abstract
This study aims to increase the ability to adjust in friends through this play my friend of class X IPS 1. This research uses classroom actoin research methods. The subjects in this study were students of class X IPS1 as many as 26 students. This research was carried out collaboratively with the guidance and counseling teacher through two action research cycles. Data collection methods used are the scale of adjustment and observation. Test the validity of the adjustment scale instrument using content validity. The results of this study indicate that by using this play game my friend can improve the adaptability of students of class X IPS 1. The test paired sample t test showed that the significance value of 0,000 < 0,05 result. This is evidenced by the significant increase in the pre-test mean score of 117.6, post-test 145.8 cycle I, and post-test cycle II 181.0. Increasing the scale results above is also supported by observations that show behavioral change in students when giving actions, verbally students asking each other how to correct game stages, expressing feelings so students look more active and enthusiastic about participating in activities, non-verbally students get to know the nature and character of his friend, students better understand the weaknesses and strengths of his friends.
Keyword : adjustment to make friends, playing
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.