HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KALASAN

Anggun Desy Novitasari,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan orang tua dengan perencanaan karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kalasan sebanyak 170 siswa yang terdiri 7 jurusan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala persepsi dukungan orang tua dan perencanaan karir. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi sedangkan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien yakni sebesar 0,867 untuk skala persepsi dukungan orang tua dan 0,866 untuk skala perencanaan karir. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson dengan bantuan program computer yaitu SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi dukungan orang tua dengan perencanaan karir pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,422. hasil penghitungan juga menunjukkan signifikansi sebesar = 0,000, hal ini menunjukan bahwa hubungan antara kedua variabel signifikan, karena p < 0,01 dimana 0,01 merupakan taraf signifikan, maka hubungan kedua variabel signifikan. Artinya semakin tinggi persepsi dukungan orang tua maka semakin tinggi perencanaan karirnya, begitupun sebaliknya. Hasil korelasi antara persepsi dukungan orang tua dengan perencanaan karir masuk dalam kategori sedang.
Kata kunci: Persepsi dukungan orang tua, perencanaan karir
Abstract
This study aims to determine the relationship between perceptions of parental support with career planning in class XI student of SMK Negeri 1 Kalasan. This study is a correlational study using a quantitative approach. The subjects in this study were students of SMK Negeri 1 Kalasan as many as 170 students comprising seven majors. Data collection technique used scale. The instrument in this research is scale perception of parental support and career planning. Test the validity of the instrument using content validity while reliability using Cronbach Alpha formula with a coefficient which is equal to 0.867 for the perception scale support of parents and 0.866 to scale the career planning. Data analysis using Pearson correlation techniques with the help of a computer program that is SPSS for Windows version 16.0. The results showed there was a positive and significant correlation between perceptions of parental support with career planning in class XI student of SMK Negeri 1 Kalasan. This is indicated by the correlation coefficient (r) of 0.422. counting results also showed a significance of = 0.000, this shows that the relationship between the two variables is significant, because p <0.01 where 0.01 is a significant level, the significant relationship between both variables. This means that the higher the support of
Jurnal Bimbingan dan Konseling 4 Edisi 9 Tahun ke-4 2015
parents, the higher the career planning, and vice versa. The correlation between the perception of parental support with career planning into the category of being
Keywords: Perceptions of parent support , career planning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.