EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI OTOT UNTUK MEMBANTU SISWA MENGURANGI STRES BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 SEWON
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik relaksasi otot untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Sewon sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala stres belajar. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung sebesar 17,118 lebih besar dari ttabel 2,000 (17,118>2,000) dan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih kecil dari pada nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol (86,12<124,00) menunjukkan jika teknik relaksasi otot efektif untuk mengurangi stres belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Sewon.
Kata Kunci: efektifitas, teknik relaksasi otot, dan stres belajar
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of muscle relaxation techniques to reduce learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon. This research is a quasi-experimental study with pretest posttest control group design. The sample of the study were students of class XI MIPA 2 of SMA N 1 Sewon as many as 34 students as an experimental class and students of class XI IPS 3 of SMA N 1 Sewon as many as 34 students as a control class. Data collection techniques use learning stress scale. Data analysis techniques using paired t test. The results showed that muscle relaxation techniques were effective for reducing learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon. This is shown from the value of tcount of 17.118 greater than ttable 2,000 (17.118>2,000) and the significance of 0.000<0.05. The posttest mean value in the experimental class was smaller than the mean value in the posttest control class (86.12<124.00) indicating that the muscle relaxation technique was effective in reducing learning stress in class XI students at SMA N 1 Sewon.
Keywords: effectiveness, muscle relaxation techniques, and learning stres
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.