PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN KONSELING INDVIDUAL DENGAN PENDEKATAN PERSON CENTERED
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan Person Centered. Hal tersebut dikarenakan sebagian guru BK masih belum memahami teknik dan langkah praktik pelaksanaan konseling Person Centered, sehingga belum bisa secara tuntas menangani masalah siswa yang disebabkan kesenjangan antara real self dan ideal self. Subjek penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMA di Kabupaten Klaten sebanyak 6 orang yang terdiri dari guru BK SMA Negeri 1 Klaten dan SMA Negeri 2 Klaten. Pemilihan subjek tersebut dilakukan dengan teknik random sampling. Produk dari penelitian berupa buku panduan konseling Person Centered yang diujikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna dengan menggunakan instrumen berupa skala penilaian. Tahap penelitian yang dilakukan menggunakan tahap penelitian pengembangan R&D dari Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun dalam penelitian pengembangan buku panduan konseling ini dilakukan hingga tahap ke tujuh Main Product Revision yaitu penyempurnaan produk berdasarkan hasil uji lapangan utama. Setelah melalui hasil uji coba ahli dan pengguna, buku panduan konseling Person Centered dinyatakan layak sebagai panduan dalam pelaksanaan konseling individual. Adapun hasil penilaian dari ahli yaitu ahli materi dengan skor 3,54 (sangat baik), dari ahli media dengan skor 2,91 (baik), sedangkan dari uji coba pengguna diperoleh skor 3,29 (baik).
Kata kunci : Buku Panduan, Konseling Person Centered, Guru BK
Abstract
This research aimed to develop a manual book of individual counselling with person centered approach.The reason is so many students problem sourced from the ingcongruency between their real self and ideal self.
Research’s subject was guidance and counseling six teachers at SMA in Klaten regency, such as guidance and counseling teachers at SMA N 1 Klaten and SMA N 2 Klaten. Product from the research was a manual book of person centered counseling were tested on the material experts, media experts, and users by rating scale instruments. The researchs and development methods using the methods of Borg and Gall that have ten step product development. But, in this researchs, step of the development was into main product revision process, which completed the product by main field testy.
After tested by experts and users, a manual book of person centered counseling was feasible to be used as guide in the implementation of counseling services, especially in counseling with incongruences of real self and ideal self matters. The book itself had score 3,54 (good) from material expert, 2,91 (good) from media experts, and 3,29 (good) from user.
Keywords : Manual book, Person Centered Counselling, Guidance and counselling teachers
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan Person Centered. Hal tersebut dikarenakan sebagian guru BK masih belum memahami teknik dan langkah praktik pelaksanaan konseling Person Centered, sehingga belum bisa secara tuntas menangani masalah siswa yang disebabkan kesenjangan antara real self dan ideal self. Subjek penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMA di Kabupaten Klaten sebanyak 6 orang yang terdiri dari guru BK SMA Negeri 1 Klaten dan SMA Negeri 2 Klaten. Pemilihan subjek tersebut dilakukan dengan teknik random sampling. Produk dari penelitian berupa buku panduan konseling Person Centered yang diujikan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna dengan menggunakan instrumen berupa skala penilaian. Tahap penelitian yang dilakukan menggunakan tahap penelitian pengembangan R&D dari Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun dalam penelitian pengembangan buku panduan konseling ini dilakukan hingga tahap ke tujuh Main Product Revision yaitu penyempurnaan produk berdasarkan hasil uji lapangan utama. Setelah melalui hasil uji coba ahli dan pengguna, buku panduan konseling Person Centered dinyatakan layak sebagai panduan dalam pelaksanaan konseling individual. Adapun hasil penilaian dari ahli yaitu ahli materi dengan skor 3,54 (sangat baik), dari ahli media dengan skor 2,91 (baik), sedangkan dari uji coba pengguna diperoleh skor 3,29 (baik).
Kata kunci : Buku Panduan, Konseling Person Centered, Guru BK
Abstract
This research aimed to develop a manual book of individual counselling with person centered approach.The reason is so many students problem sourced from the ingcongruency between their real self and ideal self.
Research’s subject was guidance and counseling six teachers at SMA in Klaten regency, such as guidance and counseling teachers at SMA N 1 Klaten and SMA N 2 Klaten. Product from the research was a manual book of person centered counseling were tested on the material experts, media experts, and users by rating scale instruments. The researchs and development methods using the methods of Borg and Gall that have ten step product development. But, in this researchs, step of the development was into main product revision process, which completed the product by main field testy.
After tested by experts and users, a manual book of person centered counseling was feasible to be used as guide in the implementation of counseling services, especially in counseling with incongruences of real self and ideal self matters. The book itself had score 3,54 (good) from material expert, 2,91 (good) from media experts, and 3,29 (good) from user.
Keywords : Manual book, Person Centered Counselling, Guidance and counselling teachers
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.