TINGKAT PEMAHAMAN KETERAMPILAN KONSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

Dominika Triastiti,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman keterampilan konseling pada guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul yang berjumlah 63 guru. Metode pengumpulan data menggunakan skala pemahaman keterampilan konseling. Uji coba instrumen pada 30 subjek yang ada dalam populasi. Uji validitas menggunakan analisis faktor dan mengkorelasikan skor faktor dengan skor total. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dengan hasil koefisien 0,975 artinya skala tersebut reliabel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul tidak ada guru (0%) dalam kategori sangat rendah maupun kategori rendah, 1 guru (1,67%) dalam kategori sedang, 32 guru (53,33%) dalam kategori tinggi, dan 27 guru (45%) dalam kategori sangat tinggi. Jadi, sebagian besar tingkat pemahaman keterampilan konseling pada guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-kabupaten Bantul berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: keterampilan konseling, guru bimbingan dan konseling
Abstract
This research aimed to describe about counseling skills understanding level of state high school guidance and counseling teacher at Bantul regency. This research used quantitative descriptive approach with survey method. This research was a populated research of 63 high school guidance and counseling teachers at Bantul. Data were collected using counseling skills understanding scale. Instrument was tested towards 30 subjects out of 63 high school guidance and counseling teachers. Researchers used factor analysis to test the validity, while Alpha Cronbach was used to test the reliability (coeficient: 0,975). Data were analyzed by descriptive statistic. The result showed that there were 0% of guidance and counseling teachers who very low or low categorized in counseling skills. One teacher (1,67%) have a moderate counseling skills understanding. Thirty two teachers (53,33%) have a high counseling skills understanding. Twenty seven teachers (45%) have a very high counseling skills understanding. So, most of the counseling skills understanding level in state high school guidance and counseling teachers at Bantul are high category.
Keywords: counseling skills, guidance and counseling teacher

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.