HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITY DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KALASAN

Roudhotul Jannah,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversity dengan penyesuaian sosial pada siswa SMP Negeri 4 Kalasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini yakni 383, dengan ukuran sampel 192 siswa, yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kecerdasan adversity dan skala penyesuaian sosial. Uji validitas instrumen menggunakan validitas logis yang melibatkan expert judgment sebagai pengujinya. Sedangkan reliabilitas dengan menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,883 pada skala kecerdasan adversity. 0,930 pada skala penyesuaian sosial. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan adversity dengan penyesuaian sosial pada siswa SMP Negeri 4 Kalasan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,410 dan p = 0.000 (p <0.05) Artinya semakin tinggi kecerdasan adversity, maka semakin tinggi penyesuaian sosial dan sebaliknya. Hasil korelasi antara kecerdasan adversity dengan penyesuaian sosial ini masuk dalam kategori sedang. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,168 dapat diartikan bahwa kecerdasan adversity memberikan sumbangan efektif terhadap penyesuaian sosial sebesar 16,8% berarti masih ada 83,2% disebabkan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata kunci: kecerdasan adversity, penyesuaian sosial.
ABSTRACT This study aims to determine the relationship between adversity intelligence and social adjustment of students SMP Negeri 4 Kalasan. The approach used in this study is a quantitative approach in type of correlation. The population of this research is 383 students, in which 192 students as the sample. It is taken by a proportionate stratified random sampling technique. The data collection techniques used in this research is scale. The research instrument uses adversity intelligence scale and social adjustment scale. The instrument validity test uses logical validity involving expert judgment as the examiners. Meanwhile, the reliability uses Cronbach Alpha formula with coefficient 0.883 on a scale of adversity intelligence and coefficient 0.930 on a scale of social adjustment. The data analysis uses Pearson correlation technique using SPSS 16.00 program for windows. The results showed that there was a positive and significant correlation between adversity intelligence and social adjustment of students SMP Negeri 4 Kalasan. This was indicated by the correlation coefficient (r) of 0.410 and p = 0.000 (p <0.05). This means that the higher the adversity intelligence, the higher the social adjustment and vice versa. The correlation between adversity intelligence with social adjustment belongs to medium category. Determination Value (R square) of 0.168 means that the adversity intelligence contributes effectively to the social adjustment in the number of 16.8%. It means that there is still 83.2% due to other variables that are not discussed in this study. Keywords: adversity intelligence, social adjustment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.