MOTIVASI BELAJAR PEKERJA REMAJA DI LOKASI PENAMBANGAN PASIR SUNGAI GENDOL ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Ardi Sunarno,

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar pekerja remaja di lokasi penambangan pasir sungai Gendol, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan subyek 3 orang pekerja remaja di Argomulyo Cangkringan Sleman yang diambil dengan teknik purposive Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subyek HR terlihat perilaku malas-malasan ketika belajar dirumah. HR lebih tertarik dengan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, namun hal tersebut tidak menyurutkan HR untuk memiliki cita-cita yang tinggi. Subyek AV tidak memiliki semangat untuk belajar. Hal ini menjadikan AV menjadi pasif untuk mewujudkan cita-citanya. AV tertarik dengan hal-hal yang baru, seperti senang memelihara lele di kolam belakang rumahnya. Pekerja PJ terlihat tidak bersemangat dalam mengerjakan sesuatu khususnya yang berhubungan dengan belajar. PJ lebih sering terlihat hanya duduk-duduk santai bercengkerama dengan temannya. Hal ini dikarenakan lingkungan di sekitar PJ dekat dengan angkringan sehingga ramai di kunjungi orang-orang disekitar tempat tinggal PJ, keadaan semacam inilah yang menyebabkan PJ tidak bersemangat untuk belajar. PJ lebih suka menggunakan waktunya untuk berkumpul dengan teman-teman disekitar tempat tinggalnya.
Kata kunci : motivasi belajar, pekerja remaja
Abstract
The purpose of this study was to describe how learning motivation teenage workers at the site of river sand mining Gendol, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. This study is a descriptive quantitative research with subjects 3 youth workers in Argomulyo Cangkringan Sleman taken by using purposive method of data collection in this study using observation and interview guides. The data analysis technique used is descriptive quantitative data analysis. The results showed that the subjects HR looks lazy behavior when studying at home. HR is more interested in the activities that can make money, but this should not discourage HR to have high ideals. Subjects AV does not have a passion for learning. It makes AV become passive to reach his goal. AV interested in new things, such as maintaining happy catfish in the pond behind his house. Workers PJ looks not excited in doing something, especially relating to learning. PJ is more often seen just sit relaxed chatting with friends. This is because the environment around PJ close to the famous place so crowded in the visit people around the residence PJ, such a state is what causes the PJ are not eager to learn. PJ would rather use the time to get together with friends around the residence.
Keywords: learning motivation, youth workers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.