POLA ASUH ORANG TUA, KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pola asuh orang tua pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta, 2) konsep diri pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta, 3) motivasi belajar pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari keluarga pemegang katu KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta yang berjumlah 177 siswa yang diambil secara proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pola asuh orang tua siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung autoritatif sebanyak 153 orang (86,4%), 2) konsep diri siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung positif sebanyak 97 orang (54,8%), 3) motivasi belajar siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung dalam kategori sedang sebanyak 141 siswa (79,7%).
Kata kunci : pola asuh orang tua, konsep diri, motivasi belajar
Abstract
This study aimed to describe 1) parenting parent on students KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta, 2) student’s KMS self-concept in SMK Negeri 02 Yogyakarta. 3) student KMS motivation learns at SMK Negeri 02 Yogyakarta. This study is a descriptive study using a quantitative approach. Subject in this study amounted to 177 students drawn proporsional stratified random sampling. Data collection technique used scale. Analysis technique using descriptive analysis. Based on the result of the study showed 1) parenting parents tend authoritative student’s KMS KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta as much as 153 people (86,4%), 2) student’s KMS self-concept KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta tends to positively as much as 97 people (54,8%), 3) , 3) student’s KMS motivation learn at SMK Negeri 02 Yogyakarta are likely in the medium category as much as 141 people(79,7%).
Key words: parenting parent, self-concept, motivation learn
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pola asuh orang tua pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta, 2) konsep diri pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta, 3) motivasi belajar pada siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dari keluarga pemegang katu KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta yang berjumlah 177 siswa yang diambil secara proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pola asuh orang tua siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung autoritatif sebanyak 153 orang (86,4%), 2) konsep diri siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung positif sebanyak 97 orang (54,8%), 3) motivasi belajar siswa KMS di SMK Negeri 02 Yogyakarta cenderung dalam kategori sedang sebanyak 141 siswa (79,7%).
Kata kunci : pola asuh orang tua, konsep diri, motivasi belajar
Abstract
This study aimed to describe 1) parenting parent on students KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta, 2) student’s KMS self-concept in SMK Negeri 02 Yogyakarta. 3) student KMS motivation learns at SMK Negeri 02 Yogyakarta. This study is a descriptive study using a quantitative approach. Subject in this study amounted to 177 students drawn proporsional stratified random sampling. Data collection technique used scale. Analysis technique using descriptive analysis. Based on the result of the study showed 1) parenting parents tend authoritative student’s KMS KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta as much as 153 people (86,4%), 2) student’s KMS self-concept KMS in SMK Negeri 02 Yogyakarta tends to positively as much as 97 people (54,8%), 3) , 3) student’s KMS motivation learn at SMK Negeri 02 Yogyakarta are likely in the medium category as much as 141 people(79,7%).
Key words: parenting parent, self-concept, motivation learn
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.