HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dengan jumlah 113 siswa dari jumlah populasi 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dalam bentuk skala. Hasil pengujian validitas instrument kecerdasan emosional bergerak dari 0,310 sampai 0,692 sedangkan instrument kemandirian belajar bergerak dari 0,300 sampai 0,692. Nilai koefisien reliabilitas alpha
) pada skala kecerdasan emosional sebesar 0,930 sedangkan pada skala kemandirian belajar sebesar 0,946. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Product Moment yang didahului uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar pada siswa tersebut, begitu juga sebaliknya. Hasill ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi sebesar 0,703 dengan signifikansi p=0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hipotesis alternatif penelitian diterima. Hasil koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,494 yang menunjukkan bahwa 49,4% kemandirian belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dipengaruhi kecerdasan emosional.
Kata kunci: kecerdasan emosional, kemandirian belajar
Abstract
This research aims to understand the relationship between emotional intelligence by independence learn from student of class XII public SMA 1 Prambanan Sleman. The research is quantitative research type of correlational with the study sample class students XII high schools 1 Prambanan Sleman with 113 the number of students from a population of 191 students. The sample collection technique used namely by proportional technique random sampling. Data collection techniques used in the form of a questionnaire emotional intelligence and independence of learning in the form of scales. The results of the validity of testing instrument emotional intelligence moving from 0,310 until 0,692 while instrument independence learning moving from 0,300 until 0,692. The value of the coefficients reliability alpha
) on a scale of emotional intelligence 0,930 while on a scale of 0,946 learning independence. Then analyzed the data obtained by using correlation analysis Product Moment that preceded by a test of normality and the linearity . The research results show that there is a positive relationship between emotional intelligence by independence learn from student of class XII public SMA 1 Prambanan Sleman. It means, the higher owned students emotional intelligence, hence the higher the independence of the students learn in, so also on the contrary. These results can be seen from the results of correlation analysis of 0,703 with significance p=0.000. Based on these results it can be concluded the research alternative hypothesis is accepted. The results of koefisiensi determination (r square) as much as 0,494 indicating that 49,4 % student learning independence of class XII public SMA1 Prambanan Sleman influenced emotional intelligence.
Keyword: emotional intelligence, independent learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dengan jumlah 113 siswa dari jumlah populasi 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dalam bentuk skala. Hasil pengujian validitas instrument kecerdasan emosional bergerak dari 0,310 sampai 0,692 sedangkan instrument kemandirian belajar bergerak dari 0,300 sampai 0,692. Nilai koefisien reliabilitas alpha
) pada skala kecerdasan emosional sebesar 0,930 sedangkan pada skala kemandirian belajar sebesar 0,946. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Product Moment yang didahului uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Artinya, semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar pada siswa tersebut, begitu juga sebaliknya. Hasill ini dapat dilihat dari hasil analisis korelasi sebesar 0,703 dengan signifikansi p=0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hipotesis alternatif penelitian diterima. Hasil koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,494 yang menunjukkan bahwa 49,4% kemandirian belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Prambanan Sleman dipengaruhi kecerdasan emosional.
Kata kunci: kecerdasan emosional, kemandirian belajar
Abstract
This research aims to understand the relationship between emotional intelligence by independence learn from student of class XII public SMA 1 Prambanan Sleman. The research is quantitative research type of correlational with the study sample class students XII high schools 1 Prambanan Sleman with 113 the number of students from a population of 191 students. The sample collection technique used namely by proportional technique random sampling. Data collection techniques used in the form of a questionnaire emotional intelligence and independence of learning in the form of scales. The results of the validity of testing instrument emotional intelligence moving from 0,310 until 0,692 while instrument independence learning moving from 0,300 until 0,692. The value of the coefficients reliability alpha
) on a scale of emotional intelligence 0,930 while on a scale of 0,946 learning independence. Then analyzed the data obtained by using correlation analysis Product Moment that preceded by a test of normality and the linearity . The research results show that there is a positive relationship between emotional intelligence by independence learn from student of class XII public SMA 1 Prambanan Sleman. It means, the higher owned students emotional intelligence, hence the higher the independence of the students learn in, so also on the contrary. These results can be seen from the results of correlation analysis of 0,703 with significance p=0.000. Based on these results it can be concluded the research alternative hypothesis is accepted. The results of koefisiensi determination (r square) as much as 0,494 indicating that 49,4 % student learning independence of class XII public SMA1 Prambanan Sleman influenced emotional intelligence.
Keyword: emotional intelligence, independent learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.