PENGARUH TEKNIK MODELING SIMBOLIS TERHADAP MINAT KEWIRAUSAHAAN BIDANG TATA BUSANA SISWA SMK NEGERI 7 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling simbolis terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana pada siswa SMK Negeri 7 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan subyek siswa kelas XII jurusan busana butik I dan II SMK Negeri 7 Purworejo yang berjumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala minat kewirausahaan bidang tata busana yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan teknik modeling simbolis berpengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK Negeri 7 Purworejo Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test diketahui bahwa sig<α (0,05), mean pada pre-test kelas eksperimen sebesar 99,93 dan pada post-test kelas eksperimen sebesar 110,36. Hal ini berarti hasil post-test pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil pre-test. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat yang semula sedang menjadi tinggi setelah pemberian perlakuan pada kelas ekperimen. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis memberikan pengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK N 7 Purworejo.
Kata kunci: modeling simbolis, minat kewirausahaan
Abstract
The purpose of the research was to finding out the effect of symbolize modeling technique to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo. This research was a pre-experimental research.The subject were 63 students of twelve grades students of boutique fashion I and II on SMK Negeri 7 Purworejo. The collection data method of this research used entrepeneurship interest on fashion design scale which supported by observation. Data was analyzed by T-test. The result of this research indicated that there was an effect on symbolize modeling technique to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo. It was shown by T-test sig<α (0.05),mean on pre-test of experimental class were 99,93 and on the post-test of experimental class were 110,36. It meaned that the result of post-test on experimental class was bigger than pre-test. Based on this result, can be concluded that there was interest increasing from middle to high level after the treatment. This increasing showed that symbolize modeling technique gave an effect to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo.
Keyword: symbolic modeling, entrepeneurship interest
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling simbolis terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana pada siswa SMK Negeri 7 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan subyek siswa kelas XII jurusan busana butik I dan II SMK Negeri 7 Purworejo yang berjumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala minat kewirausahaan bidang tata busana yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil membuktikan teknik modeling simbolis berpengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK Negeri 7 Purworejo Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test diketahui bahwa sig<α (0,05), mean pada pre-test kelas eksperimen sebesar 99,93 dan pada post-test kelas eksperimen sebesar 110,36. Hal ini berarti hasil post-test pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan hasil pre-test. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat yang semula sedang menjadi tinggi setelah pemberian perlakuan pada kelas ekperimen. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis memberikan pengaruh terhadap minat kewirausahaan bidang tata busana siswa SMK N 7 Purworejo.
Kata kunci: modeling simbolis, minat kewirausahaan
Abstract
The purpose of the research was to finding out the effect of symbolize modeling technique to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo. This research was a pre-experimental research.The subject were 63 students of twelve grades students of boutique fashion I and II on SMK Negeri 7 Purworejo. The collection data method of this research used entrepeneurship interest on fashion design scale which supported by observation. Data was analyzed by T-test. The result of this research indicated that there was an effect on symbolize modeling technique to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo. It was shown by T-test sig<α (0.05),mean on pre-test of experimental class were 99,93 and on the post-test of experimental class were 110,36. It meaned that the result of post-test on experimental class was bigger than pre-test. Based on this result, can be concluded that there was interest increasing from middle to high level after the treatment. This increasing showed that symbolize modeling technique gave an effect to entrepreneurship interest on fashion design students in SMK Negeri 7 Purworejo.
Keyword: symbolic modeling, entrepeneurship interest
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.